Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DPKP - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Sumedang Sajidin mengatakan,  Jepang telah menunjukkan ketertarikannya pada mangga gedong gincu asli Sumedang. Mangga Gedong Gincu Sumedang rasanya berbeda dengan buah mangga pada umumnya. Bahkan saat mencicipi keripik gedong gincu, rombongan dari Jepang sangat menikmati sampai berebutan.

"Waktu itu sempat ada salah satu pengusaha Jepang dan tertarik untuk mendatangkan gedong gincu ke Jepang. Kita sebetulnya sudah siap, hanya saja dari Jepang belum siap karena beberapa hal. Insyaallah, tahun ini mau ditindaklanjuti lagi untuk kebutuhan ekspor gedong gincu dan keripiknya," kata Sajidin, Kamis (2/2/2023).

DPKP terus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan potensi komoditas mangga gedong gincu. Salah satunya dengan berkolaborasi bersama sejumlah pihak termasuk pihak eksportir dari negara lain. Selain itu kata sambung Sajidin, pihaknya juga berencana akan mengembangkan agrowisata untuk gedong gincu, dan juga mangga jenis lainnya seperti harumanis. Agrowisata itu rencananya akan dibuat di sejumlah wilayah Jatigede yang menjadi sentra mangga, seperti Desa Kadujaya Lebak Siuh, Cintajaya dan Cijeungjing (KALECI). "Insyaallah nanti di satu kawasan itu bisa petik mangga sendiri. Karena ada satu kawasan yang sejalur dengan Masjid Al-Kamil Jatigede. Mudah-mudahan tahun ini bisa terwujud," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)