CIMALAKA - Untuk memastikan data pemilih akurat, Panitia Pilkades Desa Cibeureum Kulon gelar Musyawarah Pencatatan dan Pengumuman Daftar Pemilih Tambahan bertempat di Sekretariat Panitia Pilkades Desa Cibeureum. 

Ketua Panitia Pilkades Desa Cibeureum Kulon Hafiddin mengatakan, hasil Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan sebanyak 3.067 jiwa telah mengalami perubahan jumlah pemilih. "Ada penurunan jumlah pemilih karena ada 37 orang meninggal dunia, 69 orang ganda dan 75 orang mutasi ke luar desa sehingga kini tinggal hanya berjumlah 2.886 orang. Namun, dari data tersebut didapati pula pemilih tambahan sebanyak 135 orang. Sehingga jumlah sementara sampai dengan saat ini sebanyak 3021 orang calon pemilih,"katanya.

Pencatatan pemilih tambahan ini, berdasarkan survey dari para Ketua RT/RW yang kerjasama dengan para Kader masing-masing wilayah serta hasil verifikasi dan validasi dari data kependudukan yang ada di Desa Cibeureum Kulon. "Bertambah dan berkurangnya daftar pemilih diperoleh dari survey RT/RW yang dibantu kader di desa Cibeureum Kulon," katanya.

Camat Cimalaka Asep Aan Dahlan berharap para Calon Kepala Desa agar selalu senantiasa mengedepankan proses pemilihan yang Luber-Jurdil. Sesuai dengan isi deklarasi yang sudah diucapkan pada hari sebelumnya. "Para Calon Kepala Desa harus tetap menjaga proses Pilkades yang aman dan damai, setiap keputusan harus dihargai, apapun hasilnya nanti, baik tidak terpilih maupun terpilih, tetap mendukung calon yang terpilih untuk memajukan Desa, serta menjadi contoh kepada masyarakat agar selalu tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kampanye-nya," katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)