DPRD -  Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sumedang Warson Mawardi meminta BUMD PT Kampung Makmur untuk mendorong perkembangan usaha komoditas kopi asli Sumedang. Pasalnya setiap wilayah di Sumedang kini sudah mengembangkan tanaman kopi. Bahkan produksi kopi asal Sumedang melimpah dan pasar kopi sudah bergairah.

"BUMD ini pernah mengalami stagnan dan perlu kami  apresiasi sekarang mulai bangkit untuk mengembangkan berbagai sektor usaha," kata Warsonsusai RUPS  petama PT. Kampung Makmur di Gedung Negara.

Menurutnya,  ada sekitar 10 sektor usaha yang akan dikembangkan diantaranya sektor parawisata, industri, pertanian dan lainnya.  "Sudah saya sampaikan kepada direkturnya agar bisa bersinergis dengan kelompok tani kopi dan bisa membuat kopi Sumedang mendunia," katanya.

Warson berharap brand atau nama produknya Kopi Sumedang, meski kopi yang tumbuh di Sumedang berbagai macam jenis.  "Mudah-mudahan nantinya dapat meng akomodir para  komunitas kopi, apalagi sebentar lagi panen raya kopi," ujarnya.

Ketika komoditas kopi sudah jadi ikon unggulan Sumedang akan mendukung pada semua sektor seperti parawisata edukasi dan wisata pertanian kopi. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)