SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINUNGGAL- Keluarga pra sejahtera terutama yang belum memiliki rumah di Desa Sirnasari, Kecamatan Jatinunggal, akan diberikan fasilitas lahan kapling seluas 10 tumbak oleh pihak pemerintah desa secara gratis. Untuk mewujudkannya, Pemerintah Desa Sirnasari saat ini sedang melakukan pematangan lahan di Blok Jejembul seluas 22 hektare. Lahan seluas itu, menurut Kepala Desa Sirnasari, Ateng Ali, merupakan tanah kas desa.

"Kami rencanakan untuk pematangan lahan saja sekitar 60 hari kerja. Nantinya akan di kapling-kapling sesuai kebutuhan," ujar Ateng Ali, Selasa (21/7/2020).

Ateng mengatakan, rencananya pihak pemerintah desa akan membuat 1000 kapling. Per kapling luasnya sekitar 10 tumbak. Namun untuk sementara akan dibuatkan 500 kapling terlebih dahulu.

Dari 500 kapling ini, nantinya akan dialokasikan bagi warga tidak mampu yang belum memiliki lahan rumah secara gratis. Namun hanya membayar biaya proses pematangan lahan dengan biaya yang akan dimusyawarahkan selanjutnya.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)