Kartu Nikah untuk Pengantin


Baca juga : Kemenag Sumedang Belum Terima Aturan Soal Sertifikat Perkawinan
Kartu Nikah untuk Pengantin


SUMEDANGKAB.GO.ID, KEMENAG - Pasangan pengantin baru saat ini selain akan mendapatkan buku nikah sebagai bukti sah proses pernikahan, juga akan mendapatkan kartu nikah. Menurut Plt Kasie Bimas Islam.Kemenag Sumedang Sjamsu Rizal, kebijakan pemberian kartu nikah ini mulai berlaku 1 Januari 2020.

"Jadi bagi mereka yang menikah mulai 1 Januari 2020 selain mendapatkan buku nikah juga akan mendapatkan kartu nikah, sedangkan sebelumnya pasangam pengantin baru hanya mendapatkan buku nikah saja," jelas Rizal, Sabtu (1/8/2020).

Namun demikian, lanjut Rizal, untuk kartu nikah saat ini pemberiannya tidak langsung diberikan saat usai ijab qobul pernikahan sebagaimana buku nikah, tetapi menyusul akan dikirim ke pasangan pengantin tersebut sesuai alamat. Selain itu, saat ini mesin cetak untuk kartu nikah ini masih terbatas yaitu hanya ada di kantor Kemenag Sumedang, sehingga prosesnya agak lama.

"Prosesnya memang tidak sekaligus, dan untuk pemberian kartu nikah pertama bagi pasangan pengantin baru secara simbolis sudah dilakukan bulan Juli lalu oleh Kepala Kemenag Sumedang saat apel pagi di halaman Kantor Kemenag," jelas Rizal.

Rizal menjelaskan, untuk selanjutnya pihaknya juga mengharapkan masing masing KUA di Sumedang memiliki mesin cetak sendiri, sehingga prosesnya tidak mesti ke Kemenag Kabpaaten dulu, tetapi langsung di KUA. Sebagai catatan lanjit Rizal aejak diberlakukannya kartu nikah, mulai 1 Januari 2020, pihak Kemenag Sumedang sudah mencetak sekitar 600 kartu nikah bagi pasangan pengantin baru.***(end)


kemenag, kartu nikah

Berita Terkait