Kasus DBD Tidak Berstatus KLB


Baca juga : Dua Tugas Yang Sama Beratnya Bagi Dinkes
Jaga Kebersihan Lingkungan Selalu 4M Plus Cegah DBD


SUMEDANGKAB.GO.ID, DINKES - Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumedang, Uyu Wahyudin mengatakan kasus demam berdarah dengue (DBD) di Sumedang belum berpotensi menjadi kejadian luar biasa (KLB), sebab terbilang masih terkendali. Kata Uyu, penetapan KLB suatu daerah tergantung dari beberapa indikator, diantaranya peningkatan jumlah kasus dari tahun sebelumnya.

"Jumlah kasus DBD di Sumedang tahun ini masih rata-rata masih sama dengan tahun lalu, jadi untuk Sumedang belum berpotensi KLB DBD," kata Uyu, Selasa (11/8/2020).

Uyu menjelaskan, penetapan KLB juga harus berdasarkan kajian epidemologi, angka kematian dan faktor pendukung lainnya. Hingga Selasa (11/8/2020) ini, berdasarkan data Dinkes, kasus DBD di Sumedang tahun 2020 mencapai 475 kasus, dengan 5 kasus kematian

"Status penyebaran suatu penyakit ini harus dibahas di tingkat Pemda oleh Pak Bupati, lalu ada koordinasi juga dengan provinsi, dan pusat. Tapi sampai saat ini belum ke arah sana (KLB), masih terkendali, masih diangka yang wajar," ujarnya.***(agn)


dinkes, DBD

Berita Terkait