CONGGEANG – Anggota pemadam kebakaran kesulitan untuk memadamkan kebakaran di RT 04 RW 04, Dusun Sirahcipelang, Desa Cipamekar Kecamatan Conggeang ludes terbakar, Sabtu (12/9/2020). Warga banyak yang menonton dan akses jalan yang sempit terhalang motor yang diparkir. “Kebakaran itu bukan untuk tontonan karena sangat berbahaya. Selain itu membuat gerakan tim pemadam kebakaran terhambat,” kata Wandi Rosandi, anggota pemadam kebakaran.

Menurutnya, mobil Damkar sulit mencaai ke lokasi kebakaran, karena terhalang motor warga yang parkir di pinggir jalan. “Kami juga kesulitan mendapatkan air dan  mengambil air hingga ke wilayah galian di Legok Kaler, Kecamatan Paseh," ujarnya.

Kebakaran diduga akibat korsleting listrik membuat dua2 unit rumah permanen luluh lantak. Komandan Peleton Pemadam Kebakaran pada Satpol PP Kabupaten Sumedang, Arifin Rachmat mengatakan pihaknya menerima laporan adanya kebakaran tersebut sekitar pukul 15.15 WIB. "Rumah yang terbakar seluas 112 meter persegi atas nama Rokid (73) pekerjaan petani, dan rumah seluas 168 meter persegi milik Cecep (35) yang merupakan pedagang," ujarnya.

Akibat kebakaran tersebut kerugian ditaksir mencapai Rp 250 juta. Adapun aset yang terselamatkan senilai Rp 300 juta. Tiga unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api, yakni Unit Reaksi Cepat (URC) Damkar Wilayah Conggeang, URC Damkar Sumedang Kota, dan URC Bidang Damkar Satpol PP Kabupaten Sumedang. (agn)

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)