RANCAKALONG – Kecamatan Rancakalong menginisiasi penanggulangan sampah. Untuk peningkatan kualitas penanggulangan sampah di Kabupaten Sumedang, komunitas Bank Sampah "Berseri" Desa Cibunar, Kecamatan Rancakalong bersama dengan PPM ITB melakukan pembudidayaan BSF (Black Soldier Fly).

Ketua Komunitas Bank Sampah Berseri Toni Kartama mengatakan, ide pembudidayaan ini diinisiasi langsung oleh Camat Rancakalong, atas dasar keresahan terhadap sampah organik yang kian hari semakin banyak dihasilkan oleh masyarakat. Pembudidayaan lalat hitam nantinya akan digunakan untuk mengurai sampah dijadikan pupuk dan pakan hewan. "Bersama dengan PPM ITB, komunitas Bank Sampah Berseri memulai pembudidayaan BSF sejak Bulan Januari tahun ini, lalat hasil budidaya digunakan untuk mengurai sampah organik untuk dijadikan pupuk dan pakan," katanya, Jumat (20/11/2020)

Program pembudidayaan ini merupakan jawaban atas berbagai permasalahan sampah organik masyarakat yang tidak tertangani sebelumnya. Toni mengungkapkan program ini mampu meningkatkan produktifitas pihak pengelola Bank Sampah.

"Selain mampu mengelola sampah organik yang dikumpulkan dari masyarakat, juga produk BSF ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan berharap kedepannya program budidaya BSF ini dapat dikembangkan hingga skala yang jauh lebih besar lagi," tambah Toni. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)