TOMOKEC.SUMEDANGKAB.GO.ID, T o m o - Keberlangsungan dan keberhasilan berbagai program pembangunan serta pelayanan publik, salah satunya ditentukan oleh penerimaan sektor Pajak sebagai salah satu sumber pembiayaannya. Untuk itu, pajak memegang peranan sangat penting dalam struktur penerimaan negara maupun daerah. Dan salah satu jenis pajak yang sangat berkontribusi dalam pembangunan adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Kaitan hal tersebut diatas, Pemerintah Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan Peningkatan Pendapatan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Hari Kamis, 24 September 2020 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang. Hadir pada kegiatan tersebut adalah Narasumber dari Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumedang.

Dalam sambutannya, Camat Tomo, Asep Atang Junaedi mengatakan,  “Sejalan dengan salah satu amanat yang terkandung dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang “Pajak Daerah dan Retribusi Daerah” khususnya yang menyangkut pelimpahan pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perdesaan dan Perkotaan serta BPHTB dari semula Pajak Pusat menjadi Pajak Daerah, maka tentunya suatu hal positif bagi seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota tidak terkecuali bagi Pemerintah Kabupaten Sumedang pada umumnya, dan Kecamatan Tomo pada khususnya”ungkapnya.

Lanjutnya, “Oleh karena itu PBB sektor Perdesaan dan Perkotaan memegang peranan sangat penting dalam struktur penerimaan Negara maupun Daerah. Maka dari itu semua stakeholder harus terus bahu membahu dalam upaya memenuhi target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di wilayah Kecamatan Tomo” tegasnya.

Lebih lanjut  menurut  Asep Atang Junaedi,  pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) sangat pelik dan kompleks. Namun, dengan upaya dan sinergi yang kuat dari semua stakeholder, target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan pasti akan tercapai sesuai dengan target.

Selanjutnya, terkait dengan target dan realisasi PBB Kecamatan Tomo yang sampai dengan Triwulan III Tahun 2020 realisasinya masih rendah, Camat Tomo berharap agar realisasi tersebut akan segera meningkat” imbuhnya.

Terakhir, Asep Atang Junaedi memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua kolektor PBB di Tingkat Desa se-Kecamatan Tomo yang tanpa lelah terus melakukan inventarisir Pajak Bumi dan Bangunan. “Semoga kerja keras kita semua bisa membuah hasil, dan menjadi ibadah”pungkasnya. (Asep Komarudin/ Agus R Hardi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)