CIUYAH - Kelompok budidaya ikan koi, Tunas Muda Jaya Desa Ciuyah Kecamatan Cisarua sudah bisa memasarkan ikan koi ke sejumlah wilayah di Jawa Barat, seperti Bogor, Bekasi, Tasikmalaya, Indramayu, dan Bandung. "Untuk pengiriman jarak jauh kami belum melayani, karena harus ke (BIJB) Kertajati dulu," kata Ketua Kempolok Tunas Muda Jaya Koi, Rohimat, Rabu (11/3/2020).

Meski demikian, kata Rohimat, pihak Dinas Perikanan sudah menawarkan bantuan penjualan ke luar Jawa Barat. "Ada beberapa kendala dari kami, jadi kami belum siap untuk jarak jauh," katanya.

Pemasaran ikan koi juga bekerjasama dengan BUMDes Lurgeta Desa Ciuyah  Selain paket atau borongan, pembelian koi juga bisa dilakukan secara satuan. Bahkan, satu ekor koi anakan ukuran 15 Cm pernah terjual hingga Rp 1,5 juta.

Adapun ikan koi yang dibudidayakan oleh Kelompok Tunas Muda Jaya Koi yakni jenis gosanke, showa, kohaku, dan asagi. Jenis tersebut, menurutnya paling cocok dengan kondisi air di wilayah Ciuyah. "Kalau kendala kami paling di air. Kalau musim kemarau debit air kurang, karena terbagi dua sama sawah," kata dia. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)