Kelompok Perkebunan Arosta Desa Cimungkal Senang Dapat Bantuan Alat Kopi


Baca juga : Petani Cimungkal Pilih Tanam Cabai
Peternak Ayam diminta Waspada
Cibugel Siapkan 50 Hektare untuk Ditanami Kopi


SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO - Kelompok Perkebunan Arosta Desa Cimungkal,Kecamatan Wado mendapatkan bantuan perangkat penunjang untuk pengolahan kopi dari bidang Perkebunan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumedang. Bantuan tersebut diantaranya mesin roasting dan alat-alat penyeduh kopi manual.

"Kami bersyukur telah didukung oleh pemerintah daerah untuk mengembangkan komoditas kopi. Bantuan yang diberikan mudah-mudahan bisa menunjang kami jadi petani kopi yang berkualitas," ujar Yayan Ruhyana, pengurus Kelompok Perkebunan Arosta Desa Cimungkal, Kamis (6/8/2020).

Yayan mengatakan, dengan perhatian pemerintah daerah. Kelompoknya komitmen akan memberdayakan para petani kopi yang produksi dari hulu ke hilir

"Dari mulai tanam, panen, pengolahan hingga kopi siap saji harus kami lakukan," katanya.

Sebelumnya, sejumlah petani di Desa Cimungkal, Kecamatan Wado mulai serius menjajaki budidaya tanaman kopi. Wilayah perkebunan Cimungkal menurut petani setempat sangat memungkinkan untuk menghasilkan tanaman dan kopi dengan kualitas yang baik.

Tanaman kopi potensial untuk dikembangkan di Cimungkal karena berada di ketinggian kurang lebih 800 mdpl. Menurut Yayan,  kini para petani yang tergabung dalam kelompok tani perkebunan Arosta mulai menanam kopi di lahan seluas 40 hektare.

"Kalau melihat tanaman kopi, yang sudah ditanam petani sebelumnya di sejumlah tempat di wilayah Cimungkal seperti di lereng Cakrabuana. Kawasan kami memang cocok juga untuk kopi," katanya.*** (nsa)


cimungkal, wado, kopi

Berita Terkait