SUMEDANGKAB.GO.ID, JATIGEDE-
Petani yang tergabung di Kelompok Tani Girimekar di Dusun Ciboboko, Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede melaksanakan panen komoditas sorgum.
Sebelumnya Poktan Girimekar melakukan budi daya tanaman sorgum. Komoditas sorgum telah ditanam dilahan seluas 7 hektare lebih tanah kas desa.
"Pada Maret ini merupakan panen pertama sorgum. Setelah kami memelihara selama 3 bulan," ujar salah seorang petani, Sihabudin, Senin (23/3/2020).
Pada panen musim ini dihasilkan sekitar 3 ton biji sorgum dari luasan tanam 7 hektare. Selain biji, petani juga memanfaatkan batang dan daun tanaman sorgum yang juga bisa dijual. Pada pelaksanaannya, panen sorgum musim ini dilakukan bertahap selama beberapa hari.
"Setelah panen kita langsung menjual ke pengepul khusus sorgum. Sebanyak 1 kilogram dihargai Rp.2.500. Kemudian untuk batang dan daun bisa terjual seharga Rp.250/kg," tutur Sihabudin.
Ia menambahkan, hasil penjualan sorgum kemudian dikelola oleh kelompok tani. Diakuinya dari hasil panen sorgum petani mendapatkan hasil yang lumayan.
Sorgum merupakan tanaman yang potensi mendatangkan penghasilan bagi petani. Batangnya bisa dijadikan sumber pakan ternak, buahnya bisa menjadi panganan pengganti nasi.
"Malah katanya bisa juga menjadi bahan baku pembuatan kue. Selain itu bisa buat bahan baku makanan lainnya," ucap dia.
Menurutnya, budidaya tanam sorgum sangat mudah dilakukan, karena tidak perlu perawatan yang lebih dan tidak terlalu banyak membutuhkan air yang banyak. Namun diusahakan untuk pupuk menggunakan pupuk non organik. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)