Penulis : Endan Dodi Kusnaedi | Editor : Deddi Rustandi

KOTAKALER - Kelurahan Kotakaler. Kecamatan Sumedang Utara dan Desa Rancakalong. Kecamatan Rancakalong menjadi pilot proyek program Kampung Moderasi Beragama (KMB) yang digagas Kementrian Agama RI. Peluncuran  Kampung Moderasi (pengurangan kekerasan) Beragama di Kelurahan Kotakaler digelar Rabu (2/8/2023) dan di Desa Rancakalong Kamis (3/8/2023) oleh Kepala Kemenag Kabupaten Sumedang H Jajang Apipudin.

Ketua Pokja Penyuluh (Pokjaluh) Kemenag Sumedang Saeful Bahri mengatakan pembentukan KMB ini dimaksudkan untuk menciptakan sikap toleransi bukan hanya dalam agama tetapi juga dalam kehidupan sehari hari. Dengan dibentuknya KMB ini akan tercipata kerukunun, keharmonisan dan kondusitifas suatu daerah yang penduduknya memang berbeda beda. "Peluncurang KMB  diselenggarakan sebagai bentuk ikhtiar dalam menciptakan suasana masyarakat yang rukun dan harmonis antar masyarakat beragama," jelas Saeful Bahri Senin 7 Agustus 2023.

Dengan adanya kampung moderasi ini diharapkan masyarakat tidak melihat agamanya apa suku apa sehingga tidak ada diskriminasi dan tercipta suasana yang rukun dan harmonis antar umat beragama lainnya. "Dipilihnya Kelurahan Kotakaler sebagai pilot proyek KMB ini mengingat masyarakat cukup heterogen baik dilihat dari agama, tingkah laku dan suku maupun kehidupannya, sedangkan Desa Rancakaling dikenal dengan budayanya," kata Saeful.

Program KMB ink merupakan program nasional dari Kemenag RI dan untuk tahap awal ini baru dua kecamatan yang dijadikan KMB.

(penerbit: sumedangkab.go.id)