KEMENAG - Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumedang memberikan layanan kalibrasi arah kiblat bagi masjid masjid yang ada di wilayah Kabupaten Sumedang. Kasi Penyelenggara Syariah Kemenag Sumedang Sjamsu Rizal mengatakan kegiatan ini dilaksanakan  sebagai pelayanan prima pada masyarakat. "Penentuan arah kiblat ini penting dilakukan agar masyarakat tidak salah dalam menjalankan ibadah terutama sholat," jelas Sjamsu Rizal, Selasa (1/9/2020).

Dikatakannya saat ini memang ada program dari Kemenag Sumedang untuk melakukan kalibrasi arah kiblat bagi masjid masjid besar. Untuk masyarakat umum yang masjidnya ingin di kalibraai arah kiblatnya bisa terlebih dahulu mengajukan permohonan ke pihak Kemenag Sumedang melalui kasie penyelenggara syariah.

Sejauh ini selama tahun 2020 sudah ada sekitar 60 masjid yang di kalibrasi pihak Kemenag dalam menentukan arah kiblatnya. Sebelumnya Kemenag Sumedang juga melakukan kalibrasi arah kiblat untuk ratusan masjid lainnya.

Lebih lanjut diikatakan Sjamsu Rizal untuk kalibrasi masjid ini tidak hanya dilakukan pada masjid yang sudah berdiri tetapi bisa juga bagi masjid yang akan dibangun. "Alangkah lebih baiknya kalau masjid yang mau dii bangun di kalibrasi arah kiblatnya dulu, sehingga ketika dibangum sudah pas," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)