Kementrian PUPR: Jangan Sembrono Tetapkan Lahan Relokasi untuk Korban


Baca juga : Waspada Bencana Saat Musim Hujan
Giliran Kecamatan Cimanggung, Lagi-lagi PT Kahatex Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana


 Longsor
SUMEDANGKAB.GO.ID, CIMANGGUNG -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah siap membantu relokasi bagi warga terdampak longsor yang tetjadi di Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung.
Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimulyono saat meninjau lokasi longsor di Desa Cihanjuang, warga yang berada disekitar lokasi longsor harus direlokasi karena wilayah tersebut tidak cocok untuk pemukiman.
"Ini harus direlokasi, kami akan membantu membangun rumah permanen dan untuk lahannya  pemerintah daerah yang menyiapkan,  tapi jangan sembrono, lokasinya harus aman dari longsor," ujar Basuki, Sabtu (16/1/2021).
Ditambahkan Basuki, selain harus segera merelokasi warga di sekitar lokasi longsor, Pemkab Sumedang juga harus segera mengevaluasi izin perumahan di wilayah perbukitan yang rawan longsor.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengucapkan terima kasih dan menyambut baik atas rencana Kementrian PUPR tersebut.
Ditambahkan Sekda Pemkab Sumedang akan menyiapkan lokasi relokasi di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Cimanggung.
"Pembangunannya dari kementerian, kami akan siapkan tanahnya di sejumlah tanah kas desa di wilayah Cimanggung. Dengan catatan lokasi yang akan disiapkan benar-benar aman dari bencana," jelas Herman. ***edk


Longsor, cimanggung

Berita Terkait