Kenalan dengan Sijarimas dari RSUD Sumedang


Baca juga : Kenalan dengan Sijarimas dari RSUD Sumedang


Nn

SUMEDANGKAB.GO.ID, RSUD - Ada yang baru dari RSUD Sumedang. Ini adalah inovasi yang digagas rumah sakit milik Pemkab Sumedang ini untuk menekan angka kematian ibu dan bayi. Yuk kita kenalan dengan yang satu ini.
Namanya Sijarimas. Ini adalah sebuah sistem aplikasi yang dapat diakses melalui handphone android. Jadi dapat dengan mudah digunakan dipemakainya.
Sijarimas (Sistem Jejaring Informasi)  digunakan untuk mendaftarkan pasien persalinan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas yang harus dirujuk ke rumah sakit karena kondisi persalinannya kritis. Sijarimas hanya bisa diakses oleh tenaga kesehatan di puskesmas. Jadi, pasien hanya boleh didaftarkan oleh petugas kesehatan yang memang mengetahui betul kebutuhan akan kondisi kesehatan pasien.
"Sijarimas ini inovasi aplikasi yang dibuat dalam upaya menekan angka kematian ibu dan bayi sehingga diharapkan bidan dapat dengan cepat merujuk ke rumah sakit dan rumah sakit siap menerima pasien," kata Direktur RSUD Sumedang DR. dr. Aceng Solahudin, Rabu (13/11/2019).
Menurut Aceng, Sijarimas digunakan memang hanya untuk kasus persalinan kritis sehingga dalam aplikasi tersebut ada formulir yang harus diisi tentang data kesehatan pasien, identitas, dan kondisi medis.***(vrs)

 


RSUD Sumedang

Berita Terkait