JATINUNGGAL - Pemerintah Kecamatan Jatinunggal menyarankan kepada para kepala desa untuk aktif menggelar forum diskusi bersama masyarakat desa. Dalam forum diskusi akan didapat berbagai persoalan dan harapan yang disampaikan elemen masyarakat. "Paling tidak seminggu sekali para kades dan perangkatnya mengajak masyarakat berdiskusi. Tidak usah begitu formal pelaksanaanya yang penting bisa berkumpul sama warga di manapun tempatnya," ujar Camat Jatinunggal, Edi Wahyu, Sabtu (26/9/2020).

Menurutnya, dengan  banyak menggelar diskusi, merupakan bagian reformasi komunikasi dengan warga. Hal itu diperlukan karena merupakan upaya bersama dalam mendukung kelancaran pembangunan di desa.  "Memang ada rutin rapat minggon di desa juga tapi sebatas dengan perangkat dan kepala dusun. Kalau mau efektif ajak juga warga yang mau ikut diskusi. Agar masyarakat benar-benar tahu, program apa yang sedang dikerjakan dan yang sudah dikerjakan," katanya.

Ia menambahkan menggelar diskusi juga bisa sebagai wujud transparansi pemerintah desa dalam penggunaan anggaran keuangan desa. Sehingga masyarakat bisa tahu alokasi anggaran dana pada pelaksanaan program pembangunan desa. Dengan demikian tidak ada tuduhan yang negatif terhadap pemdes. "Berbagai cara bisa ditempuh untuk transparansi itu. Kalau sudah transparan dengan semua yang telah dilaksanakan akan terhindar dari persepsi negatif dari masyarakat," ujarnya.

Ia berharap pemerintah desa juga harus bisa menerima kritik dari warganya selama kritik yang kontrukstif untuk pembangunan desa. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)