CISITU - Camat Cisitu Arry Kusnadi meminta kepada kepala desa dan perangkat desa melek informasi teknologi (IT).  Kemudian menguasai operasional komputer dan penggunaan internet.

Menurut  Arry hal tersebut penting karena masa sekarang berbagai hal termasuk bekerja berbasis pada dalam jaringan (daring). "Kami sudah sampaikan setiap rapat rutin mingguan, agar para kades dan perangkat wajib menguasai IT. Yang sudah bisa ajarkan kepada yang belum bisa. Agar semua komponen pemerintahan desa bisa bekerja dengan berbasis IT," ujar Arry, Senin (26/10/2020).

Ia menyebutkan, kebutuhan akan IT terus meningkat. Contoh dalam aplikasi pekerjaan, saat ini rapat saja sudah dilakukan virtual dengan menggunakan aplikasi rapat virtual. Kemudian, kata dia, pelaporan administrasi data serta kebutuhan pendukung kerja lainnya sudah menggunakan daring. 

"Kalau misal kami tidak menguasai operasional IT ya ketinggalan. Apa-apa sekarang itu semua sudah online," katanya.

 

Ia menegaskan, di pemerintah desa ada program pemberdayaan SDM perangkat. Program tersebut harus difokuskan untuk belajar penguasaan informasi teknologi. Pemerintah desa juga, kata dia, bisa menganggarkan untuk pengadaan komputerisasi, jaringan internet dan sarana pendukung IT lainnya.  "Apa salahnya anggarkan untuk kepentingan IT, ini kan kepentingan untuk era ke depan. SDM perangkat kalau handal  akan berkinerja baik," katanya.

Arry mengakui tidak semua aparatur pemerintahan desa menguasai IT, menguasai operasional komputer. Dengan demikian, katanya, mulai saat ini peningkatan SDM bidang IT harus ditingkatkan.  "Desa bisa berupaya mendatangkan ahli untuk memberi pelatihan ke perangkat tentang IT. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan perangkat. Asal ada kemauan," katanya lagi. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)