SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA – Ketua DPRD Sumedang Irwansyah Putra mengaku prihatin dengan kondisi pasar Sumedang yang banyak dikeluhkan para pedagangnya. Menurunnya jumlah pengunjung dan pembeli serta masih adanya beberapa masalah seperti PKL dan tutupnya beberapa kios akibat tak ada pembeli. Menurut Irwansyah, penurunan jumlah pengunjung ini memang akibat kini mulai terbentuk pusat keramaian lainnya di Sumedang. Apalagi sudah dibangun pasar modern di sudut kota lainnya.

Oleh karenanya, Irwansyah akan mengajak pemkab untuk membahas kembali zonasi perkotaan agar jelas dimana pusat perkotana, perbelanjana, dan pemerintahan serta permukiman.

“Pengaturan zonasi yang sudah lemah memang membuat beberapa fungsi kawasan tidak lagi kuat, seperti kawasan pasar Sumedang yang kini tak lagi dituju sebagai pusat perbelanjaan, maka dari itu DPRD akan mencoba kembali mengajak pemkab untuk membahas zonasi ini,” kata Irwansyah, Rabu (18/12/2019).

Irwansyah menegaskan bahwa rencana ini tentu sebagai tindak lanjut dari berbagai upaya lainnya yang sudah dilakukan pemkab untuk meramaikan pasar, seperti memberlakukan lalu lintas satu arah, membuat surat edaran untuk para ASN agar berbelanja di pasar, dan membuat event di pasar. Namun upaya tersebut belum mampu mendongkrak jumlah pengunjung signifikan.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)