DINSOS - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Penanggulangan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumedang memiliki cara tersendiri dalam melaksanakan program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS) di tengah masa pandemi Covid 19 di Desa Margamukti, Kecamatan Sumedang Utara.

Menurut Kabid Pemberdayaan Perempuan Dinsos P3A Dian Putri Muslich lewat program P2WKSS ini ada 100 KK binaan di Desa Margamukti. "Dalam suasana pandemi Covid 19, kami tidak bisa melakukan pembinaan langsung terhadap 100 KK sekaligus dalam satu tempat sebagaimana dilaksanakan dalam kondisi normal," jelas Dian, Jumat (12/6/2020).

Atas inisiatif  dan persetujuan pemerintah Desa Margamukti membentuk pendamping kegiatan P2WKSS. Ada 10 pendamping yang dibentuk dimana nantinya pendamping ini akan diberikan pembinaan terkait program P2WKSS dan selanjutnya ke 10 pendamping ini akan menularkan ilmunya terhadap 100 KK binaan.  "Konsepnya seperti multi level marketing dimana 1 pendamping nantinya akan membina 10 KK binaan," kata Dian.

Cara ini memang menjadi pilihan pihaknya dalam menjalanlan program P2WKSS ditengah masa pandemi Covid 19. Dengan cara ini pihaknya berharap program P2WKSS tetap terlaksana dengan baik dan 100 KK binaan tetap mendapatkan manfaat dari adanya program tersebut.

Kasie Pemberdayaan Perempuan Dida Jubaedah mengatakan terkait kegiatan yang dilakukan dalam program P2WKSS antara lain adalah pelatihan-pelatihan terhadap 100 KK binaan ini. “Untuk pelatihan disesuaikan dengan potensi dan kemampuan dari kelompok binaa,” katanya.

Selain itu ada juga pembinaan lainya terkait kesehatan lingkungan, pola hidup bersih dan sehat serta program program lainnya.  "Adanya program P2WKSS ini minimal tingkat kesehatan masyarakat menjadi meningkat serta adanya ilmu yang didapat untuk dimanfaatkan dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan pendapatan keluarga,"  katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)