SUMEDANGKAB.GO.ID, KODIM - Kodim 0610/ Sumedang memberikan pendidikan dan pelatihan (diklat) kepada jajaran anggota pramuka dari Saka Wira Kartika. Upacara pembukaan diklat bertempat di Lapangan upacara Makodim 0610/Sumedang dengan pimpinan upacara oleh  Komandan Kodim 0610/Sumedang, Letkol Arh Novianto Firmansyah S.E.,M. Tr(Han). Diklat diikuti oleh 95 orang peserta.
Hadir pada kesempatan tersebut Pasi Teritorial Kodim Kapten Inf Lesly Darmawan, Pasilog kodim 0610/Sumedang Kapten inf Ateng Jaelani, serta para pemateri dari Kodim 0610/Sumedang.
Pada Diklat Sakawira Kartika, akan diberikan beberapa materi  yang disebut Krida yaitu Sakawira Kartika Krida Navigasi Darat, Krida Pionereeng, Krida Mountainering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana, dan materi lainnya dalam rangka memantapkan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika dan dilakukan selama 2 hari.
Dalam Sambutannya Dandim mengajak adik-adik peserta untuk mengikuti serta menyerap materi-materi yang akan diberikan oleh kakak-kakak Pembina dengan baik.
"Jadikan kesempatan ini sebagai kesempatan dalam menambah wawasan dan pengetahuan kalian sebagai generasi penerus," ucapnya, Sabtu (27/6/2020).
Dandim menambahkan bahwa nanti yang akan mengggantikan prajurit TNI diantaranya para peserta ini.
"Kalianlah nantinya yang akan menjadi pemimpin Bangsa Indonesia ini, untuk itu jadikan masa muda adik-adik untuk menempa diri kalian melalui pendidikan serta kegiatan pramuka seperti ini, dan kegiatan-kegiatan positif lainnya sehingga mampu memantapkan kualitas kalian sebagai generasi penerus yang berkualita," tutur Dandim.
Melalui kegiatan diklat krida sakawira kartika 2020 diharapkan sebagai sarana pembinaan yang menitik beratkan pada kegiatan pembentukan karakter, persaudaraan, dan kerukunan,  perdamaian serta menumbuhkan rasa kebangsaan, berjiwa pancasila dan ber-bhineka tunggal ika. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)