SUMEDANGKAB.GO.ID, CIMALAKA-
Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, S.T.,M.M., mengapreasi jajaran Kodim 0610/Sumedang yang telah berhasil menanam tanaman produktif di Desa Naluk, Kecamatan Cimalaka. Kodim telah dapat meningkatkan hasil panen produksi pertanian dengan mengubah kebiasaan dan menambah teknologi pertanian yaitu program Bios 44. Bios 44 adalah program yang mendukung dan membantu program dari pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional.
Pada acara panen komoditas jagung hibrida di Desa Naluk, Kecamatan Cimalaka, Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa SE.M.S menyebutkan panen jagung  hibrida dan penanaman pohon produktif lahan uji coba pupuk bios 44 DC Kodim 0610/Sumedang bertempat di Blok pasir Pesing Desa Naluk.
Dandim mengatakan kegiatan  panen jagung hibrida dan penanaman pohon produktif sebagai hasil bersama dalam mengupayakan lahan yang sudah tidak produktif menjadi lahan yang kembali produktif, berguna bagi masyarakat setempat.
Lahan percobaan tersebut berhasil diberdayakan. Dandimberharap khusus nya untuk daerah Sumedang tidak ada lagi lahan lahan unproduktif atau lahan lahan tidur yang  terbengkalai.
"Lahan non-produktif diwilayah Sumedang banyak dan cukup luas. Kami berharap keberhasilan kita ini dapat ditiru dan dikembangkan di daerah daerah lain. Sehingga lahan non produktif bisa dimamfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.
Dengan penggunaan pupuk bios 44 kini sudah terbukti dapat merubah lahan non-produktif menjadi produktif. Upaya itu hendaknya menjadi pemicu dan pemacu bagi masyarakat mengikuti apa yang telah TNI dan Pemda Sumedang lakukan.
Hadir dalam acara tersebut Kapolres Sumedang diwakili Wakapolres  Kompol Rita Suwandi,Bupati Sumedang yang diwakili sekdis Pertanian Sumedang,Ketua DPRD Kabupaten Sumedang Irwansyah Putra dan unsur Forkopimda lainnya. (nsa)***

(penerbit: sumedangkab.go.id)