JATIGEDE- Komisi X DPR-RI meninjau sejumlah destinasi wisata di wilayah perairan Bendungan Jatigede.  Tempat yang dikunjungi antara lain kawasan Cisema, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja.

Di Cisema rombongan melihat langsung proyek pembangunan pengembangan wisata seperti kawasan take off olahraga paralayang dan sentra kuliner yang masih dalam proses finishing dibangun di bibir pesisir. "Semoga kawasan ini nanti bisa menjadi tempat wisata yang hebat. Perpaduan wisata alam dan wisata air," ujar Wakil Ketua Komisi X DPR-RI Hetifah Sjaifudian, di Cisema, Jumat (4/12/2020).

Pada kesempatan itu, rombongan mengitari sentra kuliner dan berswa foto. Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyatakan, kawasan Cisema harapan destinasi wisata terbaik di kawasan waduk. Kawasan ini dibangun dengan dana pemerintah provinsi. Sedianya, kawasan Cisema merupakan kawasan wisata yang pertama kali dibangun dengan anggaran miliaran. Diharapkan dari kawasan ini bisa mendapatkan PAD dan muaranya untuk perkembangan ekonomi warga di Jatigede.

Setelah melakukan kunjungan di Cisema rombongan mengunjungi kawasan dam bendungan utama Jatigede. Di dam bendungan, Dony menyampaikan, dibendungnya  Sungai Cimanuk merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan untuk pengendali banjir di wilayah utara, penyedian air untuk irigasi, bahan baku air serta PLTA. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)