SUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA- Kelompok Penggerak Parawisata (Kompepar) Gunung Golempang dan masyarakat Desa Darmaraja, Kecamatan Darmaraja akan segera menanam sekitar 4.000 pohon buah produktif seperti mangga, petai, alpukat, duren, lengkeng di seputaran kawasan Puncak Golempang.

Selain diproyeksikan untuk kawasan wisata alam, rencananya kawasan puncak Golempang juga akan dijadikan kawasan agrowisata.

"Gunung Golempang akan dijadikan agrowisata juga dengan memanfaatkan 25 hektar tanah kas desa. Langkah ini telah kami musyawarahkan dengan pihak desa bahkan pihak--pihak yang akan membantu pengembangan agrowisata," ujar Humas Kompepar Darmaraja, Andri Mulyadi, Minggu (20/9/2020).

Menurut Andri, dengan dijadikannya Golempang sebagai tempat agrowisata akan mendongkrak peluang pemberdayaan masyarakat seputar Darmaraja. Lebiha jauhnya bisa mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PAD). Penanaman ribuan pohon tersebut kata Andri, hasil kerjasama antara Kompepar Darmaraja dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai & Hutan Lindung  (BPDASHL) Cimanuk - Citanduy.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)