SUMEDANGKAB.GO.ID.,KOTA - Inspektorat Kabupaten Sumedang menggelar Konsultasi Kinerja Pengawasan Tahun 2021 bertajuk Optimalisasi Kapabilitas APIP Level 3 Menuju Inspektorat sebagai Konsultan Katalis dan Penjamin Kualitas, di Aula Gedung Korpri Kabupaten Sumedang, Senin (18/1/2021). Kegiatan dipimpin Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, Inspektur Kabupaten Sumedang Subagio dan diikuti para pejabat serta staf Inspektorat Kabupaten Sumedang.

Dalam kesempatan itu, Subagio menyampaikan, saat ini Inspektorat sedang didorong untuk menjadi lebih baik sehingga amanah untuk menjaga Pemerintah Kabupaten Sumedang tetap 'on the track'. ASN di Inspektorat dituntut terus mengembangkan diri dengan mengikuti Diklat, mencari pengetahuan dan wawasan terkait optimalisasi kapabilitas APIP Level 3 dan melakukan kunjungan untuk meningkatkan wawasan.

"Inspektorat harus bisa menjadi pembimbing jika ada SKPD yang melakukan penyimpangan agar tidak terjadi kesalahan yang akan merugikan Kabupaten Sumedang," ujarnya.

Sementara itu, wabup mengaku dirinya percaya bahwa Inspektorat mampu memberikan kontrol pengawasan dalam roda pemerintahan Kabupaten Sumedang sehingga bisa mengambil langkah akseleratif untuk mencapai target progresif.

Ia pun mengharapkan agar jajaran Inspektorat bisa menentukan skala prioritas dalam penanganan audit terkait kasus di Kabupaten Sumedang, khususnya melakukan 'review' audit sebelum ditangani APH.

Lebih lanjut kata Wabup, auditor di Inspektorat Kabupaten Sumedang harus senantiasa meningkatkan kompetensi diri sehingga dalam melakukan audit bisa lebih optimal, khususnya dalam menyampaikan suatu permasalahan yang dihadapi.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)