DPPKB -Dinas Pengendalian Pendudukbdan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sumedang mencatat dampak korona berpengaruh pada capaian peaerta KB baru.

Menurut Kasie Perencanaan Pengendalian Penduduk dan informasi Keluarga Bidang Keluarga Sejahtera H Ence Momon hingga bulan Mei pencapaian peserta KB baru, baru sekitar 23%. "Awalnya kami menargetkan hingga akhir Mei capaian peserta KB baru diangka 40% dari target tabun 2020, namun saat ini baru sekitar 23% saja," jelas Ence, Selasa (9/6/2020).

Artinya, lanjut Ence, ada keterlambatan pencapaian peserta KB baru terutama di 3 bulan terakhir akibat pandemi covid 19.

Dijelaskannya pada tahun 2020 ini DPPKB Kabupaten Sumedang menargetkan ada 25.647 peserta KB baru baik MKJP (metoda kontrasepsi jangka panjang) seperti IUD, Implant, MOP, MOW serta Non MKJP seperti kondom, pil, dan suntik.

Dengan belum tercapainya target di bulan Mei ini lanjut dia berarti ini menjadi PR bagi pihak DPPKB dan juga tenaga KB di lapangan. Adanya pandemi covid 19 yang dimulai sekitar bulan Maret lalu memang menjadi kendala bagi petugas KB untuk melakukan pergerakan di lapangan.  "Mudah mudahan saja sisa waktu di semester II ini bisa dimanfaatkan dengan baik sehingga sampai akhir tahun target tercapai," katanya. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)