SUMEDANG - Dalam memeriahkan pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kabupaten Sumedang dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dari 26 Kecamatan se- Kabupaten Sumedang, yang dilaksanakan pada, Selasa, (23/05/2023) bertempat di Alun-alun Sumedang, Jawa Barat.

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, SE, menaiki Kuda Renggong, Khas Sumedang yang ditampilkan oleh iring-iringan para Peserta Lomba, hal ini pun langsung disambut gembira oleh para iring-iringan peserta.

"Kuda Renggong ini merupakan Budaya khas Sumedang yang harus dilestarikan, saya sangat mengapresiasi para peserta yang telah semangat dalam memeriahkan dan menampilkan berbagai kreasi seni ini." Ujarnya.

Lanjut Wabup selain Kuda renggong, para peserta juga menampilkan berbagai kreasi seni seperti tari, drum band dan lainnya.

" Selain kuda renggong, ada pula seni tari tarawangsa, dan seni khas kasumedangan lainnya, mudah-mudahan ini pun bisa menjadi hiburan bagi masyarakat yang menyaksikan langsung pembukaan acara ini." Ungkapnya.

Terakhir Wabup erwan menyatakan Pemerindah Daerah ingin terus mempromosikan pentingnya olahraga dalam meningkatkan kesehatan seluruh masyarakat Sumedang terutama anak-anak sekolah.

Selain meningkatkan kesehatan peserta didik, melalui ajang O2SN juga mendorong para siswa saling mengenal antara sekolah satu dengan lainnya.

"Melalui ajang ini, kami mendorong adanya rasa saling mengenal anak-anak siswa dari seluruh kecamatan di Sumedang." Tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan H. Agus Wahidin, S. Pd. M. Si mengatakan bahwa tujuan umum O2SN yaitu memberikan apresiasi untuk berkreasi dengan menampilkan potensi terbaik yang dimiliki peserta didik. 

Menurutnya, hal ini menjadi kesempatan bagi para peserta untuk membuktikan prestasi mereka di tingkat nasional. O2SN yang telah digelar sejak tahun 2008, pada tahun ini bisa dilaksanakan lagi setelah sebelumnya pernah terhenti karena pandemi. 

“Melalui acara ini, kami juga hendak menumbuhkan nilai-nilai luhur olahraga yaitu nilai sportivitas, melalui pertandingan berbagai cabang olahraga (cabor)" Tandasnya. (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)