SUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA-
Kunjungan peziarah ke tempat pemakaman umum (TPU) berkurang dibanding lebaran tahun lalu. Kondisi ini karena banyak masyarakat yang lebih memilih berdoa dari rumah daripada datang ke TPU.
Seperti di TPU Ancol, Desa Karangpakuan, Kecamatan Darmaraja, para peziarah yang datang tidak seperti lebaran-lebaran sebelumnya. 
"Kami jaga dari hari pertama lebaran dan hari kedua lebaran, yang ziarah tidak membludak. Kami bisa liat dari hasil parkiran yang masuk saja bisa terhitung," ujar Iwan Ridwan, petugas parkir yang jaga di TPU Ancol, Senin (25/5/2020).
Kata Ridwan, adapun peziarah yang datang terlebih dahulu melihat kondisi di makam. Ketika terlihat banyak peziarah yang berada di kawasan makam, peziarah lain memilih menunggu terlebih dulu agar tidak ada penumpukan orang.
Ridwan juga mengatakan, jika dilihat dari peziarah yang datang kebanyakan warga lokal. Kemungkinan karena warga yang dari kota tidak mudik ke kampung.
"Kalau lebaran tahun lalu, mobil dan motor yang parkir saja plat nomor Jakarta, Bandung, Bogor dan kota lainnya. Sekarang mah hanya orang lokal," ucapnya.
"Minimnya peziarah berdampak pada pendapatan parkir," kata Iwan.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)