SUMEDANGKAB.GO.ID, CIBUGEL- Tempat wisata di Sumedang relatif masih ramai dikunjungi, apalagi di waktu akhir pekan. Meski jumlah kunjungan berbeda dari waktu normal dan pandemi, namun semuanya sudah terlihat normal lagi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Ramainya tempat wisata di masa new normal, tidak terlepas dari pengumuman dari Dinas Parawisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disarbudpora) Kabupaten Sumedang yang memperbolehkan para pelaku usaha wisata untuk membuka tempat wisata dengan syarat penerapan prokes yang ketat.
Salah satu pengelola wisata kolam renang Balong Geulis di Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang, Dadang Romansyah mengakui, meski pengunjung mengalami penurunan selama masa pandemi Covid-19. Tapi diwaktu tertentu terutama pada akhir pekan, pengunjung kerap membludak.
"Wisatawan itu umumnya sudahmenggunakan masker, bisa mengatur jarak, bahkan hand sanitizer saja bawa. Kami hanya mendeteksi suhu saja mengatur agar tidak berkerumun," kata Dadang, Senin (26/10/2020).
Dadang mengatakan, prokes yang diterapkan di tempat wisata  kolam renang berbeda dengan tempat wisata lainnya. Selain menyediakan pendeteksi suhu, masker. Pihaknya juga harus menambah ruang salin dan membagi petakan kolam renang. Dimana petakan tersebut agar yang renang bisa menjaga jarak.
"Sesuai apa yang dintruksikan oleh pihak pemerintah daerah, pihak pengelola wisata memang harus menyediakan sejumlah pendukung prokes termasuk menerapkan pembatasan pengunjung," katanya. 
Kepala Dinas Parawisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa menyatakan pembatasan pengunjung harus dilakukan walaupun memang jumlah pengunjung saat ini cenderung turun, agar potensi kerumunan bisa terhindarkan.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)