SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Penerimaan peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 dipastikan belum bisa memenuhi kebutuhan pegawai. Pasalnya, berdasarkan data Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kabupaten Sumedang, pada CPNS tahun 2019 Pemkab Sumedang hanya mendapat kuota 235, dengan rincian 125 tenaga pendidikan, 30 tenaga kesehatan dan 80 tenaga teknis. Selain itu, ada formasi khusus yakni, 4 orang disabilitas, dan 2 orang cumlaude untuk formasi teknis, sementara rata-rata yang pensiun sebanyak 600 orang.

"Penerimaan peserta CPNS tahun 2019 ini tidak bisa memenuhi kebutuhan pegawai karena formasi CPNS tersebut tidak sesuai dengan jumlah PNS yang pensiun, karena rata-rata yang pensiun itu jumlahnya sekitar 600 orang per tahun," kata Kasubid Pengadaan dan Pensiun, BKPSDM Kabupaten Sumedang, Asep Darussalam, Senin (24/8/2020).

Menurut Asep, jika melihat jumlah formasi CPNS tahun 2019 tersebut, bisa disebut jumlahnya masih jauh untuk memenuhi kebutuhan pegawai di Lingkungan Pemkab Sumedang.

Atas hal tersebut, untuk memenuhi kebutuhan pegawai itu, pihaknya untuk sementara masih bisa mengandalkan PNS yang masih ada. Berdasarkan data terakhir, jumlah PNS di Pemkab Sumedang mencapai 11.395 orang.

"Untuk sementara, kami perdayakan (PNS) yang ada saja. Termasuk tenaga honorer yang sudah ada disini," kata Asep.

Kendati demikian, pihaknya memastikan tugas-tugas para PNS tersebut masih bisa dikerjakan sesuai target yang ditentukan, meskipun hingga saat ini masih kekurangan pegawai.

"Karena pekerjaannya masih terbantu dengan tenaga honorer," ucapnya.*** (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)