KPP - Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan Pemerintah kabupaten Sumedang patut bersyukur pada tahun 2021 ini mendapatkan bantuan rutilahu dari Banprov sebanyak 2.020 unit. Demikian dikatakan Bupati saat memberikan arahan pada kegiatan sosialisasi kepada kepala Desa penerima bantuan Rutilahu Provinsi tahun 2021 di Aula Tampomas, Kamis (11/2/2021). "Kalau sebelumnya Sumedang hanya mendapatkan ratusan unit, tapi sekarang bisa mencapai ribuan unit dan tentunya ini patut disyukuri," jelas Bupati Dony.

Menurut bupati, untuk membangun suatu rumah menjadi layak huni tentunya tidak hanya bisa mengandalkan dana bantuan saja. "Tetapi dibutuhkan pula tambahan agar rumah yang dibangun lebih berkualitas," katanya.

Untuk itulah lanjut Bupati, pihaknya mengharapkan sekali para kepala desa bisa kembali menghidupkan swadaya dan goting royong dilngkungannya. "Swadaya dan gotong royong ini sangat penting kalaupun tidak bisa membantu dengan materi bisa juga dengan tenaga," katanya.

Dikatakan bupati, pembangunan Rutilahu tentunya menjadi salah satu program Sumedang Simpati yaitu Sejahtera dalam hal ini bagaimana pemerintah bisa mensejahterakan masyarakatnya dari segi tempat tinggal. "Saya berharap pada tahun 2021 ini lebih dari 2500 rutilahu yang dibangun, selain dari bantuan provinsi, ada juga bantuan dari APBD, CSR dan pusat," katanya.

Selain itu, pihak Desa juga harus memiliki target pembangunan rutilahu yang bersumber dari dana desa. "Ya kalau setiap desa bisa menargetkan 3 unit dari DD, maka pada tahun 2021 ini bisa lebih dari 3.000 unit rutilahu yang akan dibangun," katanya. [edk]

(penerbit: sumedangkab.go.id)