SUMEDANG - Sebanyak 55 peserta kursus Mahir Dasar (KMD) dari gugus depan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Jatinangor mengikuti KMD tahun 2023 selama enam hari dari Selasa (4/7) sampai Minggu (9/7) di komplek SDN Cikeruh Kecamatan Jatinangor, Selasa (04/07/2023)

Dalam sambutannya, Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Sumedang, H. Erwan Setiawan mengatakan KMD ini wajib dilakukan oleh calon pembina atau pembimbing Pramuka untuk guru SD dan SMP, sebagai langkah pembekalan dan pengetahuan dasar membina pramuka.

“KMD atau Kursus Mahir Dasar merupakan suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan yang bertujuan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan pramuka yang meliputi perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak, dan racana pandega. Kami melaksanakan kegiatan pembukaan KMD tingkat Kwarran Jatinangor ini diikuti oleh 55 peserta,” ujarnya.

Erwan menambahkan, selama dirinya menjabat sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sumedang, sudah lebih dari 500 peserta yang mengikuti KMD ini. Pihaknya berharap dengan diadakannya kegiatan ini lebih meningkatkan kapasitas kepemimpinan para Pembina maupun anggota pramuka di Kabupaten Sumedang.

“Ucapkan terima kasih kepada panitia, Ketua Kwarran Jatinangor, dan para instruktur serta pelatih kegiatan KMD ini. Saya berharap kegiatan ini diikuti secara baik dan sungguh-sungguh oleh seluruh peserta, sehingga apa yang menjadi arahan arah instruktur maupun pelatih ini bisa diaplikasikan di lingkungan masing-masing,” katanya.

Menurut Erwan, sejauh ini Gerakan Pramuka Kabupaten Sumedang terbaik se Jawa Barat dan memperoleh peringkat tiga besar dari kategori banyaknya kegiatan dan juga aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. Tak hanya itu, Gerakan Pramuka Sumedang juga mampu dalam Digitalisasi Kepramukaan.

Menjelang hari Boden Powel atau Hari Pramuka se Dunia tanggal 14 Agustus 2023, Pramuka Sumedang akan menggelar gebyar kegiatan-kegiatan kepramukaan, seperti Raimuna maupun Raisa. Karena saking banyaknya anggota Pramuka, kegiatan akan dibagi kedalam 4 sampai 5 titik lokasi yang berbeda.

“Saya berharap semua peserta para anggota pramuka di Kabupaten Sumedang bisa mengikuti kegiatan ini, sebagai bukti kongkrit bahwa Gerakan Pramuka Sumedang itu meriah dan mendapat antusiasme dari para peserta,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana KMD, Sutisna didampingi Ketua Kwarran Jatinangor, Hj Tati Tarmilah S.Pd MM mengatakan acara KMD ini akan digelar selama 6 hari dengan materi materi dasar kepramukaan sampai pembekalan pembinaan kepada peserta untuk kemudian di aplikasikan di gugus masing-masing.

Kegiatan KMD ini, kata Sutisna sebagai syarat seorang anggota Pramuka menjadi pembina di wilayah sekolahnya masing-masing. Tanpa mengikuti kegiatan KMD maka setiap anggota Pramuka tidak berhak memberikan pelatihan atau pembinaan.

“Kegiatan ini merupakan pembekalan bagi generasi bangsa khususnya anggota Gerakan Pramuka dengan harapan dapat menciptakan profil Pembina Pramuka masa kini yang sesuai dengan semangat revitalisasi Gerakan Pramuka, serta mampu menjadi motor pembentuk generasi muda yang beriman, bertaqwa, dan berbudi pekerti luhur." Pungkasnya.(diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)