CISITU - Kelompok Wanita Tani (KWT) Dusun Cikandang, Desa Linggajaya, Kecamatan Cisitu bergotong royong menanam kacang tanah di sejumlah lahan sawah milik mereka. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya KWT,  agar kaum ibu bisa produktif sehingga menghasilkan pendapatan dari sektor pertanian. "Kami pemerintah desa mendorong petani kaum perempuan yang tergabung dalam KWT agar bisa produktif. Berbagai cara telah dilakukan KWT, salah satunya bareng-bareng menanam kacang tanah," ujar Kades Linggajaya, Agus WD, Senin (9/11/2020).

Agus menyebutkan, sejak desanya dikukuhkan menjadi desa Tangguh Lodaya, masyarakat terus bergerak dan berupaya berinovasi dalam segala bidang.
Sektor pertanian, kata dia memang sektor paling utama dalam menghasilkan tanaman pangan. "Sebagaimana tujuan dari kampung tangguh adalah kampung yang bisa menjaga ketahanan pangan. Makanya para petani di desa kami cukup termotivasi untuk terus berusaha," katanya.

Ia menyebutkan, salah satu contoh kuatnya motivasi tersebut telah dipraktekan oleh kelompok wanita tani Dusun Cikandang. Mereka bergotong royong menanam kacang tanah di lahan-lahan yang tidak ditanami padi. "Mudah-mudahan kelompok yang lain juga mulai melakukan inovasi. Kami pemerintah desa sangat apresiasi kepada warga kami yang bisa bekerjasama dalam upaya menghasilkan tanaman pangan," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)