SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINUNGGAL- Pemerintah Desa Sirnasari Kecamatan Jatinunggal membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Blok Batukasur tak jauh dari perairan Bendungan Jatigede. Tujuan dibangunnya RTH adalah menjadi sarana rekreasi warga masyarakat.

Menurut Sekdes Sirnasari, Noor Ilman, pembangunan RTH tersebut akan dibangun di lahan milik desa seluas sekitar 1.400 meterpersegi.

"Kami tata lahan yang kurang ptoduktif agar bisa bermanfaat. RTH sangat penting karena bisa dikembangkan dengan di bangun ya fasilitas taman, bangunan serbaguna dan lainnya," ujar Ilman, Selasa (14/7/2020).

Ilman mengatakan anggaran pembangunan RTH bersumber dari dana DD senilai Rp.84 juta. Biaya tersebut bersifat stimulan saja karena dana tersebut hanya cukup untuk biaya pematangan lahan. Jika ada investor, pemerintah desa bisa mengembangaknnya dengan pola kerjasama.

Ilman menjelaskan, Desa Sirnasari sebagai salah satu desa yang terdampak pembangunan Bendungan Jatigede dan wilayahnya bersinggungan langsung dengan perairan bendungan. Sayangnya, Sirnasari belum memiliki destinasi wisata yang sebenarnya banyak potensi tapi belum bisa dimanfaatkan maksimal.

Oleh karenanya, pemerintah desa berinisiatif membangun kawasan hijau yang bisa jadi kawasan wisata. Mengingat lokasinya tidak begitu jauh dengan perairan Waduk Jatigede, dengan ketinggian yang cukup sehingga memiliki view yang bagus untuk melihat keindahan Waduk Jatigede.*** (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)