SUMEDANGKAB.GO.ID. DINSOS P3A
Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan pelatihan Gender Analisi Patway (GAP) dan GBS (Gender Bugeting Sistem). Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Dinsos P3A ini adalah melatih SKPD agar mampu merencanakan anggaran berbasis gender. Kegiatan diikuti perwakilan dari setiap SKPD dan dibuka secara resmi Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dian Putri Muslich mewakili Kepala Dinsos P3A Agus Muslim.
"Pengertian gender di sini bukan hanya perempuan tetapi anggaran harus bermanfaat bagi semua pihak antara lain kaum perempuan, anak, lansia, disabilitas dan lainnya," kata Dian, Selasa (12/10/2020).
Pelatihan dilaksanakan selama sehari dengan melibatkan nara sumber dari kalangan akademisi yang sebelumnya telah mendapatkan pelatihan di tingkat provinsi.
Dijelaskan Dian, pelaksanaan penyusunan GAP dan GBS di setiap OPD juga berkaitan dengan kegiatan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) yaitu penghargaan dibidang gender.
Sebagaimana diketahui, pada tahun 2018 lalu Kabupaten Sumedang mendapatkan penghargaan APE untuk kualifikasi Madya.
"Untuk tahun 2020 ini Kabupaten Sumedang harus meningkat dimana yang akan menjadi salah satu kriteria penilaian adalah OPD harus memiliki GAP dan GBS, sehingga pihaknya menggelar pelatihan terlebih dahulu," tambahnya.
Sementara itu, lanjut Dian karena masih dalam kondisi pandemi,  penilaian untuk kegiatan APE ini direncanakan baru akan dimulai awal tahun 2021. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)