CIMALAKA - BASARNAS bekerja sama dengan Kodam III Siliwangi menggelar Latihan Potensi SAR di Yonif Raider 301/PKS, Senin (1/2/2021). Upacara tersebut dihadiri oleh Pangdam III/Siliwangi, Deputi Bidang Bina Tenaga dan Potensi Pencarian dan Pertolongan, Wakil Bupati Sumedang, Dandim 0610 Sumedang, Danyon 301/PKS, Wakapolres Sumedang dan Tamu undangan lainya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi W mengatakan, dalam menghadapi kesiapsiagaan bencana saat ini, TNI telah mempersiapkan personil maupun sarana prasarana. Hal tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi apabila ada bencana atau musibah yang lainnya, dan pelaksanaannya tidak hanya oleh TNI saja, melainkan bekerja sama dengan BPBPD, BASARNAS, dan POLRI. Semuanya telah siap siaga dengan gerak cepat dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat. "Dalam menjaga kekompakan dan kebersamaan, salah satunya seperti menjaga solidaritas, kebersamaan, dan kekompakan, dengan latihan bersama yang menggunakan potensi SAR ini sangat baik untuk ditumbuhkembangkan agar setiap anggota bisa saling mengisi dan kerjasamapun semakin kuat," katanya.

Wakil Bupati  H. Erwan Setiawan mengatakan, saat ini potensi bencana di Kabupaten Sumedang sangat tinggi dan potensi tersebut ada dibeberapa titik di Kabupaten Sumedang, salah satunya yang telah terjadi yakni longsor di daerah Cimangung. "Diadakannya pelatihan kebersamaan SAR ini bisa meminimalisir potensi bencana yang ada di Kabupaten Sumedang saat ini," katanya. [dki]

(penerbit: sumedangkab.go.id)