SUMEDANGKAB.GO.ID, DINKES -Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang terus memperbanyak layanan rawat inap di puskesmas.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Sumedang Emay K mengatakan dari 35 PKM yang ada di Sumedang sebanyak 15 PKM telah dilengkapi dengan rawat inap. Adapun ke 15 PKM tersebut adalah  PKM Jatinangor, Tanjungsari, Kotakaler, Cimalaka,  Sukamantri,  Surian, Buahdua,  Conggeang, Ujungjaya, Tomo, Jatinunggal, Wado, Darmaraja,  Cibugel dan . Cisitu.
"Selain itu saat ini masih ada 3 PKM yang sedang proses untuk dilengkapi dengan rawat inap yaitu, Jatigede, Hariang dan Situ," jelas Emay, Selasa (2/2/2021).
Emay menambahkan tiga puskesmas ini akan dilengkapi dengan rawat inap karena secara persyaratan sudah memenuhi terutama dari ketersedian bangunan. Dengan adanya rawat inap di PKM maka pelayanan kepada masyarakat akan semakin meningkat. Yang lebih penting lagi, lanjut Emay, dengan adanya puskesmas rawat inap, kasus kasus gawat darurat bisa cepat ditangani. Selain itu hal ini juga dalam upaya menghindari terjadinya penumpukan pasien di RS.
"Puskesmas ini nantinya bisa menjadi penyaring bagi pasien khususnya bagi pasien yang harus dirawat inap, kalau memang bisa ditangani di PKM maka tak perlu pasien maksa ke RS," tandasnya. ***edk

(penerbit: sumedangkab.go.id)