SUMEDANGKAB.GO.ID, JATIGEDE- Lirbur natal hampir beakhir. Arus lalu lintas di jalan lingkar timur Jatigede terlihat lengang seperti beebrapa hari sebelum libur natal dimulai. Para pedagang di sepanjang jalan lingkar mengaku memang tidak ada lonjakan pengunjung pada libur akhir tahun ini.

"Kalau dibanding libur akhir tahun lalu jauh sekali. Dulu dari mulai tanggal 25 saja sudah ramai oleh pengunjung yang melintas di lingkar timur," ujar Sihabudin pedagang di Mekarasih, Jatigede, Minggu (26/12/2020).

Ia menyebutkan, sepinya lalu lintas membuat kunjungan ke warung pun minim. Sehingga pendapatan tidak meningkat.

"Paling kalau sore hari biasanya banyak warga dari seputar Wado dan Jatinunggal yang jalan-jalan dan mampir ke warung. Itupun kalau tidak hujan," katanya.

Ia menyebutkan, biasanya liburan akhir tahun momen yang ditunggu oleh para pedagang. Pasalnya sejumlah tempat wisata di seputaran Jatigede banyak didatangi pengunjung berwisata. Pengunjung pun bukan hanya dari wilayah Sumedang tapi datang dari Garut, Tasik, Majalengka bahkan Cirebon.

"Mungkin kalau sekarang karena pandemi jadi banyak warga yang tidak keluar daerah," katanya lagi.

Hal serupa dirasakan pedagang lainnya. Untuk liburan akhir tahun ini pengunjung ke wilayah Jatigede agak menurun.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)