Penulis : Agun Gunawan  | Editor : Deddi Rustandi

TANJUNGSARI - Puluhan anggota Linmas dari desa-desa se-Kecamatan Tanjungsari mengikuti Pembinaan Satuan Pengamanan dan Perlindungan Masyarakat Satlak Linmas Penanggulangan Bencana Tingkat Kecamatan di Pendopo Kecamatan Tanjungsari, Rabu (23/11/2022). Pembinaan itu, menghadirkan unsur BPBD dan pemadam kebakaran.

Menurut Camat Tanjungsari Ida Farida, pemahaman dan tupoksi Linmas, kaitan dengan potensi kebencanaan di wilayah Tanjungsari sangat penting dilakukan. Maka dari itu, pembinaan ini penting dilakukan agar ketika terjadi bencana alam, anggota Linmas sudah mengetahui upaya dan langkah yang harus dilakukan. "Kami menghadirkan pemateri dari UPTD Damkar Wilayah Tanjungsari dan BPBD Sumedang, untuk menyiapkan anggota Linmas yang siap menjaga wilayah disaat terjadi bencana. Di sini mereka diberikan pemahaman melalui simulasi pemadaman api, dan situasi saat terjadi gempa bumi, sehingga ketika terjadi bencana bisa mengantisipasinya. Linmas harus sigap bencana," kata Ida.

Ia menambahkan, terjadinya bencana sulit diprediksi, karena berkaitan dengan alam. Oleh sebab itu camat mengajak kepada pihak-pihak terkait untuk berperan aktif, menjaga wilayah dan senantiasa memberikan himbauan kepada warga agar tetap waspada. "Kita ketahui bersama beberapa waktu lalu terjadi bencana gempa bumi di Cianjur, membuat masyarakat di Tanjungsari khawatir," katanya.

Camat berharap, Linmas menjadi pelopor, harus memberi contoh pada warga masyarakat Tanjungsari yang dilindunginya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)