Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

TALUN - Untuk memeriahkan HUT ke-79 Republik Indonesia, Kelurahan Talun, Kecamatan Sumedang Utara menggelar lomba kreativitas membuat dan balap perahu hias, serta menangkap ikan di sungai. Acara tersebut digelar di Sungai Cipeles, tepatnya di belakang kantor Kelurahan Talun, Minggu 11 Agustus 2024. "Ini salah satu kegiatan rutin kami Kelurahan Talun yaitu lomba kreasi membuat perahu terunik dan tercepat. Pesertanya semua RT dan RW se Kelurahan Talun," kata Lurah Talun Rinny Mulyati.

Selain memeriahkan HUT RI, kata Rinny, lomba pembuatan perahu juga bertujuan untuk mengembangkan bakat serta kreativitas warga, khususnya di bidang seni. Selain itu memanfaatkan saran sungai agar bisa bermanfaat. "Lomba perahu unik ini untuk mengembangkan keahlian warga, sekaligus juga sebagai ajang silaturahmi. Alhamdulilah masyarakat sangat antusias datang menyaksikan ini," ujarnya.

Ketua panitia, Rangga Ramdani menyampaikan bahwa perahu yang dibuat harus seunik mungkin. Kemudian perahu yang dibuat tidak boleh dari bahan elektronik. "Bahannya pembuatan perahu ini harus limbah yang sudah tidak terpakai, sehingga masyarakat mampu menghasilkan karya yang terbaik," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)