Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DISDIK - Kepala Dinas Pendidikan Sumedang, Dian Sukmara mengapresiasi LPKMA yang mendapatkan program PKW Level Platinum dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Melalui program level 1 tersebut dapat membantu mengurangi pengangguran. "Jelas sangat bagus, karena anak-anak usia di bawah 25 tahun, usia sekolah yang tidak mampu, maka wajib diberikan pendidikan keahlian dan langsung membuka usaha," kata Dian. 

Pimpinan LPKMA Eti Rusmiati mengatakan, 40 siswa lulusan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Level Platinum kini tinggal membuka usaha. Sebab selain mendapatkan peralatan dan bahan olahan produksi, mereka juga sudah mengantongi syarat usaha, yakni Nomor Induk Berusaha (NIB), Pelatihan Keamanan Pangan (PKP), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan label halal.

Selama 280 jam pelajaran dalam dua bulan para siswa menerima sejumlah materi pelatihan, diantaranya motivasi berwirausaha, materi K3 dari Disnakertrans, pendidikan karakter dari Disdik, etika berwirausaha, akses permodalan, desain kemasan, pemasaran dan tata kelola keuangan. "Selain materi tersebut, kami juga memfasilitasi dalam pembuatan NIB, PKP, PIRT, dan halal," ujar Eti.

(penerbit: sumedangkab.go.id)