Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

ALUN-ALUN - Wakil Bupati Erwan Setiawan meminta lulusan SMK harus percaya diri untuk meniti karir di dunia kerja.  Erwan menggambarkan, saat berkunjung ke Jepang, dirinya sempat bertemu dengan beberapa tenaga magang dari Sumedang yang bekerja di Jepang, dan rata-rata mereka merupakan lulusan SMK.  "Banyak lulusan SMK yang berhasil, bahkan ayah saya H Umuh Muchtar merupakan lulusan SMK. Beliau sukses berbisnis di segala bidang," kata Erwan.

Meski demikian, dirinya berpesan kepada segenap tenaga magang di Jepang khususnya yang berasal dari Sumedang agar tidak berpuas diri. Terlebih apa yang sudah dipelajari di Jepang, ada yang bisa diterapkan di Sumedang juga bisa mengajak lulusan SMK lainnya bekerja. "Jangan hanya sekedar mencari uang di sana, tapi carilah ilmu, pengalaman dan asah skill. Setelah punya pengalaman magang di Jepang, bagaimana pasca magang di Jepang kalian bisa berkarya setidaknya di kampung halaman yaitu Sumedang. Jadi ciptakan lapangan usaha baru, jangan kalian kerja di Jepang datang ke Indonesia cari kerja di orang lain," tuturnya.

Lebih jauh lanjut Erwan, dirinya sudah menekan MoU dengan Walikota Makinohara, Jepang bahwa kota itu membuka lapangan kerja seluas-luasnya. "Kepada siswa-siswi SMK yang berminat silahkan SMK bekerjasama dengan Bidang Ketenagakerjaan Disnakertrans. Saya bersama pak bupati sangat support, saya minta disiapkan segala sesuatunya," ujarnya.

Selain itu dirinya juga meminta kepada segenap satuan pendidikan khususnya untuk jenjang SMK agar bersiap menyambut kawasan industri Buahdua Ujungjaya Tomo (Butom). "Persiapkan skill para lulusan SMK supaya cepat bekerja. Atau mungkin yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi lebih bagus, tapi tentukan minat yang nantinya betul-betul dibutuhkan untuk pasar kerja," katanya seraya berpesan agar SMK meningkatkan minat siswa supaya sekolah di SMK. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)