DPMD - Sukses menggelar Pilkades Serentak di masa pandemi dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pemkab Sumedang kini menjadi rujukan penyelenggaraan pilkades daerah lainnya. Hal ini terbukti dengan datangnya beberapa daerah di Jabar yang akan melaksanakan pilkades serentak melakukan kunjungan di Kabupaten Sumedang.

DPRD Kabupaten Majalengka datang ke Kabupaten Sumedang untuk melakukan study banding terkait pelaksanaan pilkades serentak di masa pandemi, Kamis (18/2/2021). Rombongan DPRD Kabupaten Majalengka dari Komisi I dipimpin Wakil Ketua DPRD Didin Zaenudin dan diterima Kadis PMD Endah Kusyaman di ruang Cakrabuana lingkungan KPP.

Menurut Endah, belakangan ini memang daerah di Jabar yang akan melaksanakan pilkades serentak berkunjung ke Sumedang untuk mengetahui secara langsung terkait pelaksanaan pilkades di masa pandemi. "Ya mungkin mereka beranggapan Sumedang berhasil melaksanakan Pilkades serentak di masa pandemi sehingga mereka ingin tahu," katanya.

Diakui Endah, Kabupaten Sumedang sendiri menjadi Kabupaten pertama di Jabar yang menggelar pilkades serentak di masa pandemi. Bahkan lanjutnya dalam pelaksanaannya di hari H mendapat pemantauan langsung dari Kementrian Dalam Negeri.

Ketua rombongan DPRD Kabupaten Majalengka yang juga Wakil Ketua DPRD Dindin Zaenudin mengatakan kedatangan rombongan komisi I DPRD Kabupaten Majalengka ke Sumedang adalah untuk mengetahui secara jelas terkait pelaksanaan pilkades di masa pandemi ini. "Insya Allah apa yang kami dapatkan dari Sumedang terkait pilkades serentak di masa pandemi ini akan kami terapkan di Majalengka," jelas Dindin.

Dijelaskan Dindin, Kabupaten Majalengka  sendiri rencananya akan menggelar pilkades serentak pada bulan Mei dengan melibatkan 127 desa di 25 Kecamatan. Dindinpun berharap pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Majalengka dengan menerapkan AKB akan sukses seperti Kabupaten Sumedang. [edk]

(penerbit: sumedangkab.go.id)