TANJUNGKERTA - Di tengah pandemi, Camat Tanjungkerta,  Agus Kori Hidayat mengimbau warga bisa memamfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami berbagai macam tanaman produktif. Pemerintah kecamatan bekerjasama dengan  UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan telah melakukan sosialisasi ke setiap desa.

Agus mengatakan, peranan kelompok wanita tani (KWT) disetiap desa sangat diharapkan dalam realisasi pemanfaatan lahan pekarangan tersebut. "Dalam hal ini, peranan Kelompok Wanita Tani  kader Pemberdayaan Kesejahtraan Keluarga (PKK) dan kelompok tani harus berada paling depan untuk mendorong warga, agar antusias memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman pangan," ujarnya, Senin (12/10/2020).

Menurutnya tanaman yang paling mudah dan praktis serta berguna bagi kebutuhan sehari-hari diantaranya, cabe, tomat dan sayuran lainnya.  "Tanaman produktif akan membantu warga memenuhi kebutuhannya. Jadi lumayan bisa mengirit uang belanja," katanya.

Dikatakan, untuk saat ini, proses penanaman pangan tersebut baru sampai kepada tahap pelatihan  dan uji coba penyemaian. Pihaknya optimis dengan menggalakan tanaman pangan dipekarangan rumah akan membantu memperkuat dan menyetabilkan perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid 19 yang cukup berdampak buruk buat perekonomian. "Insya allah optimalisasi lahan pekarangan melalui program Tanaman Produktif Keluarga (TIKAR) ini bisa membantu kesetabilan perekonomian masyarakat,"katanya.  (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)