SUMEDANGKAB.GO.ID, DINKES – Memasuki masa normal baru pekan depan, sejumlah puskesmas akan lebih waspada dengan kondisi kesehatan dan pelayanan yang ada. Pada masa ini, menurut Kabid Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan, Emay Kusmayati, diprediksi akan ada peningkatan kontak sosial dan fisik meski dalam himbauannya masyarakat tetap diminta untuk menjaga jarak antar satu sama lain.

“Puskesmas akan lebih waspada pada masa new normal ini karena akan ada kontak sosial yang lebih dari masa PSBB,” kata Emay, Sabtu (30/5/2020).

Meski demikian, puskesmas tetap melaksanakan protokol dan pelayanan kesehatan sesuai petunjuk teknis. Prosedur ini dilaksanakan berbeda pada masa PSBB dan new normal yang keduanya tetap mengedepankan keselamatan pasien. Emay juga memastikan tidak ada kelonggaran di era new normal.

Sementara, di masa new normal pekan depan, Emay menyebutkan bahwa upaya pencegahan penularan covid 19 akan bergantung dan kembali lagi ke masyarakat dan pribadi masing-masing.

“Kalau ingin sehat pasti akan saling menjaga satu sama lain saling mengingatkan supaya tetap sehat,” kata Emay seraya berharap bahwa seluruh warga Sumedang saling menjaga dan saling mengedukasi. “Kami hanya bisa berharap saja, selebihnya semua ada di tangan masyarakat,” ucapnya.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)