SUMEDANGKAB.GO.ID, SITURAJA - Pedagang sawo di jalur Jalan Sumedang Wado tepatnya di Desa Sukatali Kecamatan Situraja mengaku penjualannya menurun drastis di masa pandemi covid 19.

Ny Eti (47) salah seorang pedagang mengaku saat ini pembeli sawo Sukatali hanyalah pembeli lokal sekitar Sumedang yang kebetulan lewat di Sukatali.

"Pasca Idul Fitri biasanya kami panen karena banyak tamu dari Jakarta yang akan pulang dan membeli dulu sawo untuk oleh oleh, namun untuk lebaran kemarim hal itu tidak terjadi," jelas Ny Eti, Selasa (22/9/2020).
Ditambahkannya, hal ini bisa dipahami mengingat adanya pemberlakukan PSBB memang menyebabkan banyak orang kota tak bisa pulang kampung. Akhirnya, Eti hanya mengandalkan para pembeli lokal yang tidak begitu banyak.
"Saat ini bisa menjual antara 10 sampai 20 kg per hari saja sudah dikatakan bagus, karena memang pembelinya berkurang," tambahnya.
Harga sawo perkilogram nya ada yang Rp 10.000 dan ada juga yang Rp 15.000 tergantung besarnya sawo.
"Untuk yang kecil kami jual Rp 10.000 per kg dan yang besar Rp 15.000 per kg," jelasnya.
Etipun berharap pandemi covid 19 cepat berakhir karena secara tidak langsung mempengaruhi per ekonomian salah satunya penjualam sawo.***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)