SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA- Ketua Komisi lll DPRD Kabupaten Sumedang, H. Mulya Suryadi menyatakan fasilitas kesehatan di Kabupaten Sumedang sudah cukup baik. Namun untuk memenuhi pelayanan yang komprehensif perlu fasilitas kesehatan yang dimaksimalkan.
"Kebutuhan fasilitas kesehatan jadi salah satu kebutuhan masyarakat yang harus diprioritaskan. Sebab, minimnya fasilitas tersebut disatu wilayah, akan berdampak buruk kepada keberlangsungan hidup masyarakat," kata Mulya, Rabu (9/9/2020).
Menurutnya, secara umum, fasilitas kesehatan di Sumedang memang tidak usah di khawatirkan, sarana kesehatan sudah tersedia mulai dari tingkat desa, seperti Polindes, Pos Yandu bahkan Puskesmas pembantu (Pustu). Hanya saja, pemerintah tinggal memaksimalkan fasilitas penunjangnya, agar masyarakat bisa merasakan pelayaan kesehatan dengan maksimal. 
Menurut Mulya, sarana  kesehatan dipelosok, harus mendapat prioritas lebih. Agar ketika masyarakat yang memerlukan penanganan khusus tak usah dirujuk ke rumah sakit di kota yang jaraknya jauh dan bisa menyebabkan resiko fatal
 "Selain peralatan untuk penunjang emergency, tenaga medisnya juga harus lebih siap, fasilitas yang memadai juga harus diterapkan di setiap Puskesmas, termasuk sarana penunjang seperti ruang inap yang layak," tuturnya. ***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)