TOMO - Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan memberikan arahan pada kegiatan Akselerasi Evaluasi SAKIP Perangkat Daerah Tingkat Kecamatan di Tomo dan Ujungjaya, bertempat di aula masing-masing kantor kecamatan, Kamis (2/07/2020).

Wabup mengatakan, hampir semua nilai SAKIP di kecamatan pada Tahun 2018 masih terbilang rendah. Namun, ia optimistis bahwa hasil Tahun 2019 akan lebih baik. "Saya dapat informasi dari Inspektorat bahwa untuk Tahun 2019 terdapat kemajuan yang sangat pesat. Kecamatan Ujungjaya yang Tahun 2018 hanya 28, diperkirakan pada Tahun 2019 sudah 53," katanya.

Namun demikian, Wabup berharap agar jangan cepat berpuas diri karena hasil itu masih jauh dari target. "Rata rata SAKIP di Kabupaten Sumedang nilainya 67. Hampir semua kecamatan kelemahannya rata-rata dari segi perencanaan yakni di bawah 40 %," katanya

Ia mengungkapkan, dengan pemberian arahan dan motivasi yang dilakukan oleh pimpinan diharapkan masing-masing kecamatan mengetahui dimana titik kelemahannya sehingga SAKIP ke depan akan lebih baik lagi.  "Perencanaan ini minimal 90 persen. Berangkat dari perencanaan yang baik, otomatis yang lainnyapun mengikuti. Kalau perencanaan di atas 90 persen, rata ratanya bisa di atas 70 persen," kata Wabup Erwan.

Wabup mengutarakan, SAKIP juga akan meningkat dengan sendirinya apabila Indikator Kinerja Individu meningkat.
"Meningkatnya Indikator Kinerja Individu otomatis akan berimbas pada raihan instansi dimana individu itu bekerja. Jadi kembalikan kepada individu masing-masing," ujarnya. [hms/rsi]

 

(penerbit: sumedangkab.go.id)