Memanfaatkan Lahan Kurang Produktif di Parakanpanjang


Baca juga : Memanfaatkan Lahan Kurang Produktif di Parakanpanjang
TNI, Polri dan Warga Tanam Pohon di Hutan Rakyat Ciela Cibugel


SUMEDANGKB.GO.ID, CIBUGEL - Warga petani di Dusun Parakanpanjang, Desa Cipasang, Kecamatan Cibugel menanami lahan kurang produktif dengan berbagai jenis bibit kayu. Lahan produktif yang dimaksud adalah mempunyak kontur tanah yang miring alias tidak datar sehingga sulit untuk menanam tanaman dan tak menghasilkan. Namun, justru dengan penanaman ini, lahan tersebut akan termanfaatkan dan pohonnya dapat menahan erosi tanah.

“Kami menanam di lahan kurang produktif tujuannya agar lahan menjadi produktif,  juga tanaman kayu ini nantinya sebagai penguat serapan air kondisi hutan dan kebun di wilayah Parakanpanjang,” kata tokoh masyarakat setempat, Dedi Mulyadi (58), Sabtu (21/3/2020).

Di Parakanpanjang ini, Dedi menambahkan, masih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan. Wilayah Parakanpanjang kebanyakan lahan kebun dan hutan. Namun masih banyak yang belum tergarap dengan maksimal.

"Makanya kami berupaya setiap Sabtu atau Minggu bersama warga lainnya menanami lahan yang kosong. Yang ditanami ada lahan milik ada juga lahan milik desa," katanya.

Kegiatan tanam pohon, kata Dedi, kini menjadi rutin dilakukan oleh warga. Hingga kini sudah tertanami lahan sekitar 3 hektar sedangkan lahan tersedia mencapai puluhan hektar.*** (nsa)


parakanpanjang, cibugel

Berita Terkait