GEDUNG NEGARA  - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo berkunjung ke Kabupaten Sumedang, Selasa (23/2/2021).  Dalam kunjungannya itu, Tjahjo melakukan ziarah ke makam leluhur Sumedang, Pangeran Soegih di Gunung Puyuh. Kemudian, menteri bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mendatangi balai Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan. "Pak menteri ingin melihat dari dekat program Sumedang Public Service dan Digital Expolre. Mengunjungi role model Zona Integritas Desa, e SAKIP (Sitem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) Desa, dan penanganan stunting berbasis digital Desa Sukajaya," kata Dony.

Menteri PANRB meresmikan pengoperasian Command Center di KPP, dan melakukan launching Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). "Command Center kami diapresiasi oleh pak menteri, karena sistem aplikasi sudah terintegrasi menjadi big data yang bisa jadi untuk pengambilan kebijakan. Datanya terintegrasi sampai dengan desa, kecamatan dan layanan digital kepada masyarakat," katanya.

Bupati menggambarkan, untuk mendukung SPBE ini, sudah ada e-Office, SAKIP Desa, dan Tahu Sumedang, layanan digital untuk publik. "SPBE ini mendapatkan nilai terbaik diantra kabupaten se Indonesia dengan nilai 3,8. Ini memicu kami untuk jadi lebih baik lagi meningkatkan SPBE," ujarnya.

Karena, lanjut Dony, dengan SPBE ini masyarakat akan mendapat keuntungan, yakin pelayanan yang cepat dan prima, dan, sehingga semakin meningkatnya kesejahteraan masyarakat. "Mohon dukungan dari semuanya," katanya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)